Value Consulting
Pelatihan Membangun Budaya Risiko di Sektor Jasa Keuangan

Tanggal Pelatihan

Buat Jadwal Sendiri

Tempat Pelatihan

Jakarta

Fasilitas

  • Wifi
  • Ruang Kelas Ber AC
  • Trainer Profesional
  • Coffee Break
  • Makan siang
Detail Pelatihan

Intensitas transaksi keuangan yang semakin meningkat, persaingan bisnis yang semakin ketat di sektor Jasa Keuangan, serta belum pulihnya pelemahan ekonomi global maupun domestik Indonesia harus disikapi dengan bijaksana oleh PJK (Penyedia Jasa Keuangan). Semakin banyak cabang dan produk PJK akan meningkatkan potensi risiko PJK. Berbagai kasus financial crime seperti cyber crime, money laundering, terrorist financing, fraud credit, serta meningkatnya NPF perlu diwaspadai dengan cermat. PJK harus memiliki budaya risiko yang sesuai dengan visi dan misi organisasi. Budaya risiko bukan hanya tanggung jawab divisi Manajemen Risiko saja tetapi adalah tanggung jawab bersama semua stakeholders dalam organisasi PJK. Organisasi PJK tanpa budaya risiko yang kuat dapat menimbulkan masalah di kemudian hari.

Pelatihan ini akan memberikan panduan bagi PJK dalam membangun budaya risiko yang sesuai dengan visi dan misi organisasi. Para peserta akan diberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai risiko, cara mengidentifikasi risiko, dan mengelola risiko, hambatan-hambatan didalam penerapan budaya risiko, serta strategi membangun budaya risiko efektif dan terukur. Berbagai kasus terkait budaya risiko akan dibahas untuk menambah wawasan peserta.

 

Tujuan Pelatihan Membangun Budaya Risiko di Sektor Jasa Keuangan

  • Budaya sadar risiko terkait dengan bisnis PJK seperti fraud, pencucian uang, pendanaan terorisme pada setiap karyawan terutama petugas marketing, account officer, front liner (teller, customer service), dan operation.
  • Teknik mitigasi risiko-risiko berdasarkan pendekatan risiko (risk based approach) yang mungkin timbul pada area yang rentan dengan aktivitas fraud, pencucian uang dan pendanaan terorisme sesuai dengan POJK, dan UU terkait.
  • Memberikan panduan penerapan prinsip customer due diligence (CDD) yang applicable dan dibutuhkan oleh PJK sekarang ini.

Outline Pelatihan Membangun Budaya Risiko di Sektor Jasa Keuangan

Day 1
08.30 – 09.00 Knowledge Check
09.00 – 10.00 Overview Berbagai Kasus di Sektor Jasa Keuangan Domestik dan Global
10.00 – 10.15 Coffee Break
10.15 – 12.00 Budaya Risiko, Pengertian, Tujuan, Hambatan & Tantangan Budaya Risiko, Elemen Kunci dari Budaya Risiko yang Kuat
12.00 – 13.00 Lunch
13.00 – 15.00 Manajemen Risiko, Pengertian dan tujuan, Pemahaman Risk Appetite, Risk Tolerance, Risk Capacity, Pemahaman Inherent Risk dan Residual Risk
15.00 – 15.15 Coffee Break
15.15 – 16.00 Studi Kasus 1

Day 2
08.30 – 10.00 Langkah-Langkah Membangun Budaya Risiko
10.00 – 10.15 Coffee Break
10.15 – 12.00 Meningkatkan Budaya Risiko dengan Pendekatan RBA (Risk Based Approach), Pengertian RBA, Hubungan RBA dengan Budaya Risiko
12.00 – 13.00 Lunch
13.00 – 15.00 Penerapan Budaya Risiko dengan 3 Lines of Defense, Pengertian dan Tujuan 3 Lines of Defense, Kunci Sukses 3 Lines of Defense dalam Mengelola Risiko
15.00 – 15.15 Coffee Break
15.15 – 16.00 Studi Kasus 2

Fasilitas
Ruang Kelas Ber AC

Wifi

Modul Pelatihan

Training Kit

Sertifikat

Makan Siang

Coffee Break

Diskusi & Konsultasi

Lokasi Pelatihan
× Chat Admin