Value Consulting
Pelatihan Strategi Anti Fraud & Proses Eskalasi

Tanggal Pelatihan

Buat Jadwal Sendiri

Tempat Pelatihan

Yogyakarta

Fasilitas

  • Wifi
  • Ruang Kelas Ber AC
  • Trainer Profesional
  • Makan Siang
  • Coffee Break
Detail Pelatihan

Salah-satu resiko bisnis yang patut diantisipasi perusahaan adalah terjadinya fraud atau kecurangan. Kerentanan akan fraud dapat dialami oleh perusahaan manapun, walau kerap terjadi di perusahaan kecil. Perusahaan besar pada umumnya sudah memiliki manajemen anti-fraud, karena ketersediaan dana dan juga karyawan yang bisa melakukan fungsi pengawasan secara optimal. Namun, kerentanan ini tidak bisa dihilangkan begitu saja. Fraud adalah sebuah istilah yang artinya sebuah perbuatan kecurangan yang melanggar hukum (illegal-acts) yang dilakukan secara sengaja & sifatnya dapat merugikan pihak lain. Istilah keseharian adalah kecurangan diberi nama yang berlainan seperti pencurian, penyerobotan, pemerasan, penjiplakan langsung dan/atau tidak langsung merugikan pihak lain.

Dampak dari praktek-praktek tersebut sangat beragam, tetapi secara umum dapat dikatakan bahwa ciri daripada fraud adalah adanya keuntungan yang tidak wajar dari para pelakunya, baik individu, kelompok atau organisasi/perusahaan, yang tentu saja di imbangi dengan adannya kerugian dari pihak lain.

Untuk mencegah terjadinya tindakan fraud harus dilakukan di setiap lini transaksi dan untuk itu setiap karyawan harus memahami potensi risiko munculnya tindakan fraud dan dampaknya bagi bank / perusahaan jika terjadi tindakan fraud serta mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan jika terjadi fraud, salah satunya adalah dengan menjalankan prosedur eskalasi.

 

Tujuan Pelatihan Strategi Anti Fraud & Proses Eskalasi

  • Memahami definisi fraud.
  • Mengetahui factor-factor pemicu tindakan fraud.
  • Mengetahui dampak fraud.
  • Melakukan tindakan pencegahan fraud.
  • Memahami proses dan prosedur eskalasi

 

Outline Pelatihan Strategi Anti Fraud & Proses Eskalasi

Strategi Anti Fraud

  • Definisi Fraud
  • Faktor-factor pemicu terjadinya Fraud
  • Dampak Fraud
  • Pencegahan Fraud
  • Mengapa & Bagaimana
  • Strategi Pencegahan
  • Penerapan di bank/ perusahaan
  • Action Plan Jika terjadi Fraud

Proses Eskalasi

  • Tujuan Eskalasi
  • Kondisi / kriteria kapan eskalasi dilakukan
  • Media Approval
  • Prosedur Eskalasi
Fasilitas
Ruang Kelas Ber AC

Wifi

Modul Pelatihan

Training Kit

Sertifikat

Makan Siang

Coffee Break

Diskusi & Konsultasi

Lokasi Pelatihan
× Chat Admin