Value Consulting
Pelatihan Cost Reduction in Purchasing

Tanggal Pelatihan

Buat Jadwal Sendiri

Tempat Pelatihan

Yogyakarta

Fasilitas

  • Wifi
  • Ruang Kelas Ber AC
  • Trainer Profesional
  • Makan Siang
  • Coffee Break
Detail Pelatihan

Banyak cara dilakukan oleh organisasi untuk meningkatkan profit margin, seperti meningkatkan sales, menaikan harga jual, menurunkan biaya overhead, Menurunkan biaya pembelian, dan lain-lain. (Cost Reduction)

Menurunkan biaya material tidak hanya bergantung pada harga beli. Ada faktor yang disebut Total Cost Ownership (TCO). TCO seperti gunung es, terlihat dipermukaan indah dengan harga murah, tapi dibalikya ada kegagalan delivery, garansi, dukungan teknis, kualitas yang tidak sesuai harapan.(Cost Reduction)

Dalam seminar(Cost Reduction), peserta tidak hanya dibekali konsep dan teori agar biaya pengadaan material bisa turun tetapi peserta juga akan mempraktekan metoda pendukung yang digunakan untuk mendapatkan Total Cost of Ownership yang optimal; seperti teknik pemilihan dan evaluasi supplier yang benar, teknik Negosiasi yang effektif, serta teknik meningkatkan kinerja Supplier.(Cost Reduction)

Tujuan Pelatihan Cost Reduction in Purchasing

  • Peran purchasing dalam supply chain
  • Industrial buying behavior: decision making in purchasing
  • Purchasing management process
  • Mengenal dan Mempelajari proses Seleksi dan Evaluasi Supplier secara objective dan efektif
  • Mempelajari dan mempraktekan Ketrampilan Negosiasi (Negotiation Skill) yang bisa memberikan Keuntungan bersama dengan supplier
  • Mempelajari dan mempraktekan Proses Penilaian Kinerja Supplier secara objective

Outline Pelatihan Cost Reduction in Purchasing

Hari 1. (Cost Reduction)

Basic Purchasing Processes and Activities

Pada hari pertama ini peserta diajak untuk:

  • Peran purchasing dalam supply chain
  • Memahami pembelian material untuk industri (industrial buying behavior)
  • Memahami purchasing management process
  • Mempelajari Total cost ownership
  • Mempelajari alur proses Seleksi vendor secara akurat, objektif sesuai sasaran perusahaan
  • Mempelajari Risk Management dari Purchasing
  • Mengenal apa yang dimaksud dengan RFP
  • Memahami dan Mengembangkan RFP
  • Menetapkan kriteria yang objective dalam seleksi dan evaluasi vendor
  • Peserta diajak untuk mengembangkan Resiko-resiko dari proses pengadaan barang/jasa serta mengembangkan RFP

Hari 2. (Cost Reduction)

Seleksi dan Evaluasi Vendor

Pada hari kedua peserta diajak untuk:

  • Memahami dan berlatih mengembangkan Ketrampilan Negosiasi untuk mendapatkan Keuntungan Bersama (Win-Win Solution)
  • Mengenal Tips Trik Negosiasi
  • Memahami metode dalam penilaian performa supplier secara objective
  • Memformulasikan penilaian kinerja Vendor
  • Mengembangkan Sistem Penilaian kinerja Vendor
  • Mempelajari teknik pemeriksaan kualitas produk dengan metoda
  • Acceptance Sampling Plan
  • Peserta diajak untuk mempraktekan teknik Win-Win Negotiation membuat dan mengembangkan form penilaian supplier
Fasilitas
Ruang Kelas Ber AC

Wifi

Modul Pelatihan

Training Kit

Sertifikat

Makan Siang

Coffee Break

Diskusi & Konsultasi

Lokasi Pelatihan
× Chat Admin