Detail Pelatihan
Procurement management adalah proses pengadaan kebutuhan material, produk, & jasa pada korporasi / lembaga / institusi, yang di dukung oleh sistem & prosedur yang terintegrasi, di mana seluruh tahapan proses procurement, mulai dari; planning, sourcing, bidding, kontrak, purchase order, monitoring order, penerimaan barang, hingga evaluasi supplier/vendor dilakukan secara sistemik, akuntabel, & transparan.
Dalam prakteknya seringkali timbul permasalahan, mulai dari perencanaan yang tidak terintegrasi, perubahan harga & ketersediaan pasokan, seleksi supplier/vendor yang mengundang potensi fraud, miskomunikasi, hingga supplier/vendor yang wan prestasi terhadap kontrak & order.
Tujuan Pelatihan Essential Skills of Procurement Management
- Memahami regulasi, administrasi, & prosedur procurement
- Memahami keterkaitan planning & realisasi order, serta kendala internal dalam proses procurement
- Memahami implementasi sistem e-Procurement
- Memahami metode sourcing, teknik analisa penawaran, & strategi negosiasi
- Memahami proses evaluasi kinerja supplier/vendor
- METODE PELATIHAN
Outline Pelatihan Essential Skills of Procurement Management
HARI PERTAMA
- Procurement Strategy, Organization, Policies, & Procedures
- Procurement Plan & Order Management
- Strategic Sourcing
- e-Procurement System
- Discussion sharing & case study
HARI KEDUA
- Vendor Selection & Bid Analysis Methods
- Pocurement Negotiation & Contract Management
- Vendor Managed Inventory
- Procurement KPI & Vendor Evaluation
- Case study & closing review
Fasilitas
Lokasi Pelatihan