Value Consulting
Pelatihan Practical Procurement Management

Tanggal Pelatihan

Buat Jadwal Sendiri

Tempat Pelatihan

Yogyakarta

Fasilitas

  • Wifi
  • Ruang Kelas Ber AC
  • Trainer Profesional
  • Makan Siang
  • Coffee Break
Detail Pelatihan

Masalah manajemen pengadaan merupakan masalah yang sangat penting bagi kehidupan sebuah perusahaan. Industri manufaktur rata-rata menghabiskan lebih dari 65% harga pokok produksinya untuk biaya material sedangkan industri jasa menghabiskan dana yang sangat besar untuk material proyek dan suku cadang.

Di sektor pengadaan jasa, perusahaan juga menghabiskan dana yang cukup besar. Peningkatan efisiensi dan efektifitas di sektor pengadaan akan sangat mempengaruhi biaya produksi perusahaan yang pada akhirnya akan meningkatkan competitive advantage perusahaan di era globalisasi yang semakin mendekat. Di era globalisasi ini masalah Quality, cost dan delivery dari material yang digunakan akan terasa semakin penting.

Tujuan Pelatihan Practical Procurement Management

Training ini dirancang untuk memberikan pemahaman terinci dan mendalam tentang manajemen pengadaan dan Aturan pemerintah tentang pengadaan barang dan jasa, sehingga para peserta siap dan mampu melaksanakannya dalam kegiatan sehari-hari.

Outline Pelatihan Practical Procurement Management

  • Peran Pengadaan dalam kehidupan perusahaan.
  • Pentingnya pengadaan dalam kehidupan perusahaan di era globalisasi.
  • Objektif kegiatan pengadaan.
  • Pentingnya aspek kualitas dalam kegiatan pengadaan.
  • Aspek hukum pengadaan.
  • Diskusi tentang persoalan purchasing management di beberapa perusahaan dan BUMN.
  • Aturan pemerintah tentang pengadaan barang dan jasa.
  • Perencanaan Pengadaan Barang Operasional dan Suku Cadang.
  • Paradigma baru manajemen pengadaan barang dan jasa Statistik Pemakaian Barang.
  • Optimasi Persediaan.
  • Dinamika dan harapan stakeholder.
  • Paradigma lama pengadaan barang dan jasa.
  • Kontribusi profesional manajemen pengadaan.
  • Paradigma baru yang diinginkan.
  • Teknik Pemilihan Peralatan dengan konsep Total Cost of Ownership(TCO) Pre Transaction Cost.
  • Transaction Cost.
  • Post Transaction Cost.
  • Net Present Value /TCO.
  • Teknik Pemilihan Supplier dan Pengukuran Performansi Supplier.
  • Source-selection Model.
  • Teknik pemilihan subkontraktor.
  • Make-or-buy Decision.
  • Teknik evaluasi supplier.
  • Teknik Pembinaan supplier.
  • Teknik Perhitungan Owners Estimate (OE).
  • Definisi dan arti OE.
  • Kontrak Masa Lalu.
  • Harga Pasar.
  • Harga Proposal.
  • Konsep Target Price.
  • Perhitungan Owners Estimate (OE).
  • Seni dan Teknik Negosiasi.
  • Apa manfaat negosiasi.
  • Teknik perencanaan dan persiapan negosiasi.
  • Karakteristik negosiator yang baik.
  • Teknik Penyusunan Kontrak Pengadaan Barang dan Jasa.
  • Studi Kasus Manajemen Pengadaan di Beberapa Perusahaan Besar.
Fasilitas
Ruang Kelas Ber AC

Wifi

Modul Pelatihan

Training Kit

Sertifikat

Makan Siang

Coffee Break

Diskusi & Konsultasi

Lokasi Pelatihan
× Chat Admin