Value Consulting
Pelatihan Strategi Pembentukan Opini Publik

Tanggal Pelatihan

Buat Jadwal Sendiri

Tempat Pelatihan

Jakarta

Fasilitas

  • Wifi
  • Ruang Kelas Ber AC
  • Trainer Profesional
  • Makan Siang
  • Coffee Break
Detail Pelatihan

Pemahaman secara komprehensif Opini Publik yang bertumpu pada ilmu Public Relations sangat penting dikuasai bagi manajer/kader/pimpinan. Opini Publik atau Public Opinion merupakan fenomena dalam kehidupan sosial, politik, dalam dua dekade terakhir menjadi sorotan pinting di Indonesia.

Public Opinion dapat diarahkan dan dibentuk melalui strategi yang matang. Pembentukan opini publik berdasarkan ilmu public relations mengemban 3 (tiga) fungsi: (1) mengabdi kepada kepentingan umum, (2) melalui komunikasi terarah (3) memperhatikan moral, tingkah laku yang baik. Pembentukan Public Opinion merupakan dasar pemikiran pelaksanaan kampanye. Tema kampanye public relations ditentukan oleh konseptor, sedang penyebaran gagasan dilaksakan oleh komunikator.

Penyusunan sragegi yang menjadi pokok bahasan adalah strategi komunikasi yang dapat dipelajari dan harus dikukuhkan bagi setiap karyawan, kader, pimpinan.. Dengan strategi yang tepat hasil yang berupa “outcome” lebih baik bisa diharapkan. Yang diperlukan dalam kita berkomunikasi bukanlah sekedar “output” namun lebih penting adalah efektivitas “outcome”. Strategi menjabarkan struktur, teknik berkomunikasi sekaligus menjelaskan program-program komunikasi internal, eksternal yang perlu diketahui oleh atasan, bawahan. Maka setiap peserta pelatihan ini akan diberikan pandangan praktis mengenai “Communication Leadership”. Jika “leadership” dimengerti dengan jelas maka komunikasi tidak salah dimengerti, tidak terjadi “miss-communication”. Jika ini dapat dipahami maka kelancaran tugas-tugas pekerjaan dapat berjalan dengan lebih efektif; namun, ada kalanya perusahaan/institusi perlu berbenah dalam mentransformasi budaya komunikasi internal, eksternal agar tercapainya visi,misi organisasi/institusi atau pun partai. Maka pelatihan ini juga meliput “transformasi budaya” melalui komunikasi internal yang efektif.

 

Outline Pelatihan Strategi Pembentukan Opini Publik

  • Pengertian, Karekteristik, Fungsi dan Peran Opini Publik
  • Dinamika Opini Publik
  • Proses terjadinya Opini
  • Pengaruh Kelompok, Pemimpin Opini
  • Komunikator Terpercaya, Penyampaian Pesan yang Efektif
  • Penyampaian Opini melalui Etika Public Relations
  • Media Relations, Pembinaan Opini Publik
  • Realitas Media, Pencitraan Institusi
  • Media Massa, Metode Peruasif
  • Opini Publik, Efek, Pesan Komunikasi Politik
  • Merayu melalui Retorika, Propaganda atau Kampanye Politik?
  • Pengukuran Opini Publik
Fasilitas
Ruang Kelas Ber AC

Wifi

Modul Pelatihan

Training Kit

Sertifikat

Makan Siang

Coffee Break

Diskusi & Konsultasi

Lokasi Pelatihan
× Chat Admin