Sertifikai bnsp
Posted on

Mengenal Program Sertifikasi BNSP

Mengenal Program Sertifikasi BNSP – Era digital menuntut individu untuk menjadi kompeten dalam bidang keahlian yang spesifik. Untuk dapat bersaing dengan dunia kerja professional, seseorang hendaknya memiliki kompetensi umum yang harus ada pada bidang pekerjaan tertentu atau bahkan dituntut untuk memiliki kompetensi tambahan lainnya yang bermanfaat menunjang kinerja. Memiliki sertifikat kompetensi maupun profesi merupakan nilai tambah bagi pekerja.

Apa itu program sertifikasi BNSP

Salah satu Lembaga yang dapat menyelenggarakannya yakni Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang merupakan lembaga independen milik pemerintah yang bertugas menjamin mutu para tenaga kerja di seluruh bidang profesi di Indonesia. Melalui penjaminan mutu kompetensi profesi, diharapkan tenaga kerja yang tersertifikasi memiliki kualitas yang diharapkan dan bermanfaat bagi dunia industri.

Untuk mendapatkan sertifikat BNSP, seseorang harus mengikuti ujian sertifikasi kompetensi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang terakreditasi BNSP. Dalam hal ini LSP menjadi perpanjangan tangan BNSP melalui asesor yang memiliki lisensi resmi dari BNSP untuk mengadakan ujian bagi peserta sertifikasi.

Sertifikat yang diterima oleh peserta yang lulus ujian merupakan sertifikat resmi yang menyatakan bahwa sesorang telah memenuhi standar kompetensi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Sehingga keahlian dan kompetensi peserta diakui oleh negara meskipun tidak melalui proses Pendidikan formal. Sertifikasi BNSP dapat memperkuat portofolio pengalaman dan keahlian seseorang di dunia kerja. Pada beberapa bidang keahlian tertentu, kepemilikan sertifikat BNSP menjadi nilai tambah yang dapat memperkuat validasi keahlian, portofolio maupun pengalaman kerja seseorang.

Seseorang yang memiliki sertifikat ini dapat memperkuat personal branding pada sosial media professional seperti LinkedIn. Sehingga para recruiter akan mengetahui dengan mudah, keahlian dan kompetensi apa saja yang dimiliki oleh seseorang. Hal ini tentu akan memudahkan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan impian. Sebagai contoh, Seorang HR sebuah perusahaan akan merekrut kandidat di posisi junior mobile programmer, terdapat 2 kandidat yang sama sama memiliki kemampuan teknis yang mumpuni, namun salah satunya memiliki sertifikat BNSP sebagai Junior Mobile Programmer.

Manakah kandidat yang lebih menarik bagi HR? Benar! Secara sederhana, HR akan lebih mengutamakan kandidat yang memiliki sertifikat BNSP, terutama pada bidang keahlian teknis tertentu, dimana hal ini juga dapat digunakan untuk kebutuhan persyaratan administrasi dalam mengerjaakn  proyek tertentu.

Lantas, bagaimana cara untuk mendapatkan sertifikat BNSP?

Agar mendapatkan sertifikat BNSP sesuai dengan bidang keahlian dan kompetensi yang Anda inginkan, Anda dapat mengikuti uji kompetensi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) sesuai dengan bidang keahlian Anda. Di Berlatih.id Anda dapat mendaftarkan diri dan tim Anda untuk mengikuti ujian sekaligus mempersiapkan diri menghadapi ujian dengan pelatihan yang intensif.

× Chat Admin