1
Posted on

Metode Melakukan JOB Grading

Dalam membuat sebuah perusahaan menjadi efektif dan efisien adalah salah satunya dengan melakukan job grading. Job grading merupakan strukturisasi jabatan yang dipergunakan untuk mengklasifikasikan antara jabatan satu dengan yang lainnya. Tujuan secara umum adalah untuk memperlancar operasional perusahaan. Kenapa? Karena job grading akan berpengaruh kepada penentuan pengambil keputusan dilakukan, penentuan beban kerja paling banyak atau paling berat dan penentuan besaran upah yang diterima.
Dalam melakukan job grading ada metode – metode dasar yang perlu untuk diterapkan. 4 metode dasar untuk menentukan job grading adalah Comparison, Rank Order, Classification, Point Rank. Untuk mengetahui lebih jelas tentang 4 metode dasar dalam melakukan job grading mari simak penjelasan berikut. 

 

4 Metode Dasar Untuk Melakukan Job Grading

  • Comparison Method

Metode yang pertama adalah metode perbandingan. Metode ini termasuk ke kategori metode yang sedikit kompleks. Mengapa kompleks? Karena langkah yang dilakukan dalam menggunakan metode ini adalah dengan mengumpulkan metode – metode yang sudah ada dengan melakukan perbandingan untuk mengetahui seberapa efektif metodenya. 

 

  • Rank Order Method

Setelah metode yang paling sulit, metode selanjutnya untuk melakukan job grading adalah metode ranking yaitu metode yang paling mudah. Metode ini termasuk mudah karena dapat ditentukan menggunakan beban kerja atau tanggung jawab pekerjaan yang paling berat ke mudah. Hal ini nantinya akan berpengaruh kepada penentuan upah karyawan atau tergantung kesepakatan awal.

 

  • Classification Method

Sesuai dengan namanya metode ini menggunakan teknik klasifikasi. Metode ini sudah banyak dilakukan di beberapa perusahaan karena dianggap lebih efisien sehingga operasional perusahaan lebih efektif. Misalnya dalam penggunaan metode ini adalah klasifikasi jabatan direktur, manager, supervisor, hingga karyawan senior maupun junior. Besaran upah yang diberikan adalah sesuai dengan kategori jabatan. Jadi pengalaman kerja di perusahaan tersebut tidak begitu diperhitungkan.

 

  • Point Rating Method

Metode yang terakhir adalah dengan menggunakan poin. Metode ini ditentukan dari besaran poin yang didapat. Poin ini bisa didapat berdasarkan faktor pendidikan, pengalaman kerja, keahlian yang dipunyai dan beberapa faktor lainnya tergantung dengan kebijakan perusahaan. Jadi besaran upah yang didapat juga ditentukan dari poin yang didapat.

 

Job grading juga biasa disebut dengan job classification. Job grading adalah salah satu elemen yang terdapat di dalam job analisis. Job analisis sendiri bermanfaat untuk mengukur keefektivitasan karyawan dalam perusahaan, sehingga perusahaan tidak over budget. Dalam penentuan hal tersebut tentunya perusahaan perlu menyesuaikan dengan kebutuhan. Hal lain yang bisa jadi membuat metode ini terasa tidak adil adalah beberapa isu yang diangkat seperti jenis kelamin, ras dan sebagainya. Oleh karena itu perusahaan perlu mempertimbangkan dengan matang sebelum mengambil metode untuk job grading.

× Chat Admin