pelayanan prima
Posted on

Konsep Pelayanan Prima ( Pengertian, Fungsi, Manfaat, Pentingnya, Jenis – Jenis )

Pelayanan prima baik di bidang jasa maupun produk sangatlah penting. Banyak pelanggan yang memilih untuk repurchase bukan hanya karena dari segi kualitas jasa ataupun produk yang ditawarkan melainkan dari segi pelayanan pelanggan. Oleh karena itu pelayanan prima kepada pelanggan penting untuk dilakukan. Lalu bagaimana konsep dari pelayanan prima ini? Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai pelayanan prima.

 

Pengertian Pelayanan Prima

Dilihat dari kata prima yang berarti sangat baik maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian pelayanan prima secara umum adalah sebuah pelayanan yang diberikan oleh seseorang atau suatu organisasi perusahaan dengan sangat baik. Menurut Suwithi dalam (Frimayasa & Administrasi, 2017) Pelayanan prima adalah pelayanan yang terbaik yang diberikan kepada pelanggan, baik pelanggan internal maupun eksternal berdasarkan standard dan prosedur pelayanan. 

Pelayanan prima atau disebut juga excellent service mengedepankan kepuasan pelanggan di atas segalanya. Jika pelayanan perusahaan sudah memberi kesan yang bagus kepada konsumen maka tidak menutup kemungkinan perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari promosi gratis mulut ke mulut. Organisasi atau perusahaan seringkali menganggap hal sepele terkait pelayanan yang diberikan, karena berasumsi bahwa yang terpenting adalah kualitas produk atau jasa saja. Padahal mengabaikan pelayanan kepada konsumen merupakan suatu kesalahan besar. 

 

Fungsi Pelayanan Prima

Adapun fungsi dari pelayanan prima adalah

  • Sebagai alat promosi

Yang dimaksud sebagai alat promosi adalah perusahaan yang memberikan pelayanan prima akan mendapat penilaian positif dari para pelanggan, oleh karena itu secara tidak langsung perusahaan akan mendapat keuntungan promosi dari mulut ke mulut oleh para pelanggan.

  • Sebagai alat komunikasi

Pelayanan prima juga berfungsi untuk alat komunikasi yang dapat menyampaikan pesan kepada pelanggan secara asertif. 

  • Bentuk branding perusahaan

Tidak mudah untuk menemukan value (nilai) dari sebuah perusahaan, jadi ketika perusahaan memberikan pelayanan prima dan hal tersebut menjadi keunikan tersendiri maka para pelanggan akan lebih mengenal perusahaan tersebut dengan pelayanan prima yang diberikan.

 

Manfaat Pelayanan Prima 

Beberapa manfaat yang akan didapatkan jika suatu organisasi memberikan pelayanan prima terhadap pelanggan.

  1. Meningkatkan jumlah penjualan
  2. Meningkatkan mutu penjualan
  3. Memberi kepuasan terhadap pelanggan

 

Pentingnya excellent service

Mengapa pelayanan prima penting? Seperti yang sudah disebutkan di atas banyak manfaat yang didapat ketika sebuah organisasi memberikan pelayanan prima kepada pelanggannya. Sebaliknya jika sebuah organisasi tidak menerapkan pelayanan prima terhadap pelanggannya maka kesempatan untuk meningkatkan jumlah penjualan bisa jadi akan menghilang. Jika pelanggan tidak merasa puas akan pelayanan yang diberikan maka kesempatan untuk repurchase akan sangat kecil.

 

Jenis – Jenis excellent service

  • Core Service (Pelayanan Utama)

Jenis pelayanan core service merupakan pelayanan yang menawarkan produk atau jasa utamanya kepada pelanggan. Perusahaan secara langsung memberikan penawaran terbaiknya untuk jasa atau produk yang dijual.

  • Facilitating Service (Pelayanan Fasilitas)

Pelayanan fasilitas ini merupakan pelayanan tambahan yang disediakan oleh pihak perusahaan. Pelayanan fasilitas wajib ada untuk mendukung pelayanan prima di sebuah perusahaan. Misalnya pelayanan satpam, pelayanan customer service dan sebagainya.

  • Supporting Service (Pelayanan Pendukung)

Untuk pelayanan pendukung perusahaan harus mampu menemukan value (nilai) yang dapat diberikan kepada pelanggan. Karena pelayanan ini yang akan membuat sebuah perusahaan berbeda dengan kompetitor lainnya. 

× Chat Admin