Screenshot 29
Posted on

Optimalkan Kinerja Website di Halaman Pencarian dengan SEO Audit

Kamu sedang mengembangkan website? Agar lebih maksimal, salah satu hal yang wajib kamu lakukan adalah SEO audit. Sudahkah kamu melakukannya secara rutin?

Seperti yang kita tahu, SEO jadi salah satu kunci utama bagi marketer atau pengembang website untuk berada di peringkat teratas Google.

Kendati demikian, SEO hanya sekadar mengoptimalkan SEO on page dan off page saja.

Kamu juga harus melakukan audit terhadap SEO untuk memastikan bahwa SEO yang dioptimalkan berjalan efektif.

Nah, apa sih, pengertian SEO audit? Apa saja yang harus dilakukan saat audit?

Tanpa basa-basi lagi, yuk simak pembahasan di bawah ini!

Apa Itu SEO Audit?

Dilansir dari Three Deep Marketing, SEO audit adalah kegiatan menganalisis performa website untuk memastikan seberapa baik kehadirannya di halaman pencarian Google.

Bisa dibilang, SEO audit merupakan kegiatan evaluasi website, utamanya dari aspek SEO

Tujuan dari SEO audit adalah untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang mempengaruhi kinerja website di halaman pencarian.

Nah, dari situ kamu bisa memperbaiki masalah tersebut supaya website-mu dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

Pada dasarnya, kegiatan audit harus dilakukan secara rutin supaya website tetap memiliki performa yang baik dalam jangka waktu panjang.

Menurut Neil Patel, SEO audit akan membantumu untuk:

  • membandingkan website-mu dengan kompetitor
  • mengidentifikasi masalah yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan, dan bagaimana caranya
  • mendapatkan gambaran umum mengenai SEO website-mu
  • menemukan kelemahan website-mu

Mungkin, memecahkan semua masalah yang sudah ditemukan dari kegiatan audit tidak bisa dilakukan secara bersamaan.

Kendati demikian, kamu dapat melakukannya secara bertahap dalam periode waktu tertentu.

Pentingnya Melakukan SEO Audit

Dari penjelasan di atas, terlihat bahwa SEO audit adalah kegiatan yang memiliki peranan penting dalam mengembangkan website.

Jika tidak melakukan audit, kemungkinan besar website-mu sulit untuk muncul di halaman pertama pencarian Google.

Nah, agar lebih meyakinkanmu, di bawah ini akan memberikan beberapa alasan kenapa SEO audit sangat penting dilakukan:

1. Mengetahui masalah teknis SEO

Masalah teknis SEO penting untuk diidentifikasi dengan cepat.

Pasalnya, jika masalah teknis tersebut tetap ada dan tidak diselesaikan dengan baik, otomatis Google akan sulit untuk mengindeks situs webmu.

Beberapa masalah teknis yang biasanya muncul di website, seperti kecepatan website, halaman eror, URL website yang terlalu rumit, dan lain-lain.

2. Mengidentifikasi masalah SEO on page dan off page

Alasan lain kenapa SEO audit penting untuk dilakukan adalah dapat mengidentifikasi masalah yang dialami SEO on page dan off page.

Dilansir dari The Creative Momentum, melalui audit kamu akan mengetahui apakah meta description-nya perlu ditingkatkan atau internal link-nya kurang maksimal.

Selain itu, kamu juga dapat mengidentifikasi performa dari backlink.

3. Memudahkan dalam membangun strategi konten

SEO audit akan membantumu dalam membangun strategi konten.

Sebab, kamu telah mengetahui apa saja akar masalah yang dialami oleh website, entah itu dari teknis SEO, on page dan off page, atau bahkan masalah UX design.

Selain itu, melalui SEO audit kamu juga akan mendapatkan data-data penting dari website-mu, seperti data pengunjung, search volume dari keyword tertentu, dan lain-lain.

Dengan data tersebut, itu akan membantumu dalam membangun strategi konten ke depannya.

Langkah-Langkah Melakukan SEO Audit

Nah, setelah tahu apa itu SEO audit serta peran pentingnya dalam mengembangkan website, mari kita beranjak ke pembahasan langkah-langkah melakukannya.

Secara umum, ada banyak sekali langkah yang dilakukan. Sebab, SEO audit terbilang proses yang cukup rumit.

Terlepas dari itu, berikut akan memberikan beberapa gambaran langkahnya untukmu:

1. Lakukan pengecekan mobile-friendly

Hal pertama yang harus dilakukan saat melakukan SEO audit adalah mengecek apakah situsmu mobile-friendly atau tidak.

Kenapa hal ini dilakukan? Sebab, dilansir dari Search Engine Land, menurut pernyataan resmi Google, lebih dari 50% pencarian kueri datang dari seluler.

Bagaimana cara mengeceknya? Buka Google’s Mobile-Friendly Tool, kemudian masukkan situsmu di kolom yang tersedia.

Dari situ, kamu akan tahu apakah situsmu mobile-friendly atau tidak. Jika tidak, nanti tool tersebut akan memberitahu apa saja yang harus diperbaiki.

2. Perbaiki kecepatan website

Beberapa tahun lalu Google telah memberikan pernyataan bahwa kecepatan website menjadi salah satu faktor peringkat di halaman pencarian.

Nah, kamu bisa melakukan SEO audit dengan memaksimalkan kecepatan website-mu dengan baik.

Bagaimana caranya? Lakukan optimasi gambar. Jangan menaruh gambar dengan size yang besar karena akan mempengaruhi kecepatan website.

Selain itu, update juga hosting-mu agar memori penyimpanannya lebih banyak

Kamu bisa mengecek kecepatan website-mu di PageSpeed Insights.

3. Tingkatkan SEO on page

Tak bisa dimungkiri bahwa meningkatkan SEO on page adalah hal yang sangat penting saat melakukan SEO audit.

Mulai cari keyword yang tepat, maksimalkan penulisan meta description, tag, slug, dan lain-lain, serta tanamkan internal link dengan rapi.

Dengan begitu, tak menutup kemungkinan website-mu akan masuk ke halaman teratas pencarian Google.

Demikian penjelasan singkat mengenai SEO audit beserta langkah-langkah dalam melakukannya.

Sudah siap untuk melakukan SEO audit dari sekarang?

Untuk menambah wawasanmu mengenai pengembangan website, telah menyajikan beragam artikel seputar SEO, marketing, hingga cara meningkatkan traffic website.

× Chat Admin