Training Of Trainer
Posted on

Manfaat Training of Trainer TOT Untuk Perusahaan

Manfaat Training of Trainer TOT Untuk Perusahaan – Salah satu aktivitas yang cukup sering dilakukan dalam sebuah perusahaan baik itu swasta maupun pemerintahan yaitu melakukan pelatihan. Pelatihan yang dilakukan biasanya diselenggarakan dengan pihak internal ataupun bisa juga eksternal.

Tujuan perusahaan mengadakan pelatihan yaitu untuk meningkatkan skill karyawan yang dianggap perlu untuk mengetahui skill tambahan yang dibutuhkan perusahaan. Terkadang perusahaan mendapati karyawan yang masih di bawah ekspektasi dalam mengerjakan pekerjaan perusahaan, karena dirasa kurang maksimal alhasil pemberian pelatihan untuk karyawan diperlukan.

Masalah yang seringkali muncul dalam pengadaan pelatihan adalah terkait trainer yang akan melatih skill yang dibutuhkan. Trainer atau pelatih haruslah memiliki kualifikasi yang memadai sebelum memberikan pelatihan karena keberhasilan peserta juga ditentukan oleh trainer. Oleh karena itu pentingnya trainer untuk mengikuti training sebelum memberikan pelatihan. 

Pelatihan untuk trainer yang bisa diikuti bernama ToT (Training of Trainer) yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga penyelenggara salah satunya berlatih.id. Melihat kebutuhan yang ada di lapangan agaknya pelatihan khusus trainer menjadi hal yang penting, demi menciptakan trainer yang handal dan selaras dengan kompetensi yang dibutuhkan terlebih jika trainer masih pemula. 

Selanjutnya agar trainer tidak lagi diragukan kredibilitasnya, trainer dianjurkan untuk mengambil sertifikasi profesi yang juga tersedia di berbagai lembaga pelatihan yang sudah bekerjasama dengan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). 

 

Manfaat dan tujuan trainer mengikuti pelatihan dan sertifikasi Training Of Trainer TOT

 

  • Meningkatkan pengetahuan tentang memberikan pelatihan kepada peserta.

Menjadi sebuah trainer tidak bisa dilakukan dengan cara yang asal – asalan. Banyak kompetensi yang harus dilewati. Apalagi ketika menjajaki dunia profesional trainer kompetensi perlu ditambah untuk menyelaraskan dengan perkembangan zaman. Dengan adanya pelatihan ToT tentunya hal ini membantu untuk peningkatan skill trainer.

  • Meningkatkan kepercayaan diri trainer karena sudah mendapat pelatihan dan sertifikasi.

Salah satu pendukung untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah pembuktian secara legal oleh lembaga/instansi terpercaya. Dengan adanya sertifikasi yang dimiliki oleh trainer tentunya hal ini menjadi penanda bahwa trainer sudah tersertifikasi secara profesional.

  • Mengetahui cara memberikan pelatihan yang baik, benar dan menarik bagi peserta.

Dalam memberikan pelatihan ada tahapan – tahapan y

ang harus dilakukan kepada peserta. Misalnya dalam penyampaian materi trainer harus melalui tahapan apresiasi, tujuan pembelajaran dan sebagaimana. 

  • Membantu memahami administrasi di bidang pengajaran, contohnya session plan, silabus dan lain – lain.

Hal yang tidak boleh dilupakan dalam menjadi trainer adalah administrasi. Seorang trainer diharuskan mampu minimal membuat rancangan pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta. 

 

Pentingnya training of trainer dalam sebuah pelatihan membuat trainer wajib dipastikan untuk memiliki kualifikasi yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan. Pelatihan maupun sertifikasi biasanya dilakukan secara daring, hal ini memudahkan untuk peserta mengikuti pelatihan ToT dengan waktu dan tempat yang lebih fleksibel. Namun tidak menutup kemungkinan juga jika perusahaan ingin mengadakan pelatihan secara luring di kantor maupun di hotel.

 

Untuk organisasi maupun perusahaan yang sedang berupaya meningkatkan skill para karyawannya dengan menyelenggarakan pelatihan secara internal dan menggunakan trainer in-house maka dianjurkan untuk trainer terlebih dulu mengikuti pelatihan ToT, kemudian dilanjut dengan sertifikasi ToT untuk lebih baiknya.

× Chat Admin