v
Posted on

Pengertian Budaya Knowledge Sharing

Pengertian Budaya Knowledge Sharing – Saling bertukar pengetahuan dalam lingkup pekerjaan merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi karyawan yang satu dengan yang lain. Karyawan merupakan aset berharga bagi perusahaan, oleh karena itu perusahaan juga harus memfasilitasi karyawan untuk meningkatkan kompetensi mereka sehingga karyawan mempunyai rasa memiliki terhadap perusahaan. Hal tersebut sangat berguna bagi perusahaan untuk mengembangkan perusahaan ke ranah yang lebih besar atau lebih baik. 

 

Tim SDM perusahaan biasanya menyiapkan program sharing knowledge dengan memberikan pelatihan baik secara internal maupun eksternal. Namun jika pelatihan dilakukan terus menerus tanpa mempertimbangkan load pekerjaan maka bisa jadi hal itu mengganggu produktivitas karyawan dalam bekerja. 

 

Oleh karena itu perusahaan perlu menumbuhkan budaya sharing knowledge agar kompetensi tiap individu berkembang tanpa mengganggu produktivitas kerja.

 

Pengertian Budaya Knowledge Sharing

Knowledge sharing adalah pertukaran ilmu, informasi, keahlian, keterampilan antara satu orang dengan yang lain. SDM dalam sebuah perusahaan hendaknya menciptakan budaya knowledge sharing pada setiap karyawan. Knowledge sharing bisa menjadi budaya yang bagus jika setiap individu mendapat kesempatan yang sama untuk mengeluarkan ide, pendapat, dan gagasan pemikiran.

Budaya knowledge sharing bisa bersifat tidak formal karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa ada arahan khusus tentang knowledge yang ingin dibagikan dan juga bisa bersifat semi formal dengan adanya agenda khusus. 

 

Perusahaan – perusahaan konvensional seringkali mengkotak – kotakkan karyawan berdasarkan divisi ataupun membuat penyekat antar karyawan. Hal ini membuat budaya knowledge sharing antar karyawan susah untuk diterapkan. Di perusahaan modern zaman sekarang, perusahaan sudah mulai membuka diri untuk setiap karyawannya mendapatkan tempat kerja yang nyaman dan mampu menerapkan budaya knowledge sharing.

 

Manfaat Budaya Knowledge Sharing

  • Meningkatkan skill yang beragam antar karyawan.

Belajar tidak perlu di kelas, tidak perlu menunggu guru datang dengan membawa setumpuk materi. Tetapi belajar dapat dilakukan dimana saja dan dengan siapa saja. Budaya knowledge sharing membuat satu individu mendapatkan pengetahuan yang beragam dari individu yang lainnya. Tentunya ini sangat bermanfaat untuk keberlangsungan perusahaan.

  • Membangun budaya kerja sama

Budaya yang saling menyalahkan sudah sangat ketinggalan zaman. Sudah bukan zamannya untuk kompetitif tetapi kolaboratif dimana setiap individu maupun kelompok saling bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Dengan adanya budaya knowledge sharing setiap karyawan secara tidak langsung membangun budaya kerja sama dengan bertukar ide.

  • Terjalinnya komunikasi yang semakin baik antar karyawan

Saat melakukan knowledge sharing, karyawan akan menjalin komunikasi dengan karyawan lain tentang pengetahuan yang ingin diketahui. Hal ini melatih komunikasi antar karyawan sehingga suasana kantor menjadi lebih hidup dan mengurangi resiko masalah yang akan timbul. 

  • Kesetaraan pengetahuan

Hal ini penting untuk mengurangi gap antar karyawan. Dalam setiap perusahaan pastinya banyak ditemui karyawan dengan berbagai latar belakang pendidikan, usia, keahlian dan lainnya. Hal ini menyebabkan gap antar karyawan salah satunya dalam komunikasi. Dengan menerapkan budaya knowledge sharing tentunya bisa membantu setiap individu untuk memiliki pengetahuan yang setidaknya hampir sama dengan yang lain.

 

Budaya knowledge sharing sangat tepat untuk diterapkan di setiap perusahaan, mengingat setiap individu perlu mengembangkan pengetahuannya meskipun bukan di bidang yang ditekuni di tempat kerja dimana Job Description dan Job Spesification sering berbeda. Selain itu merujuk pula pada manfaat yang didapat ketika perusahaan menerapkan budaya knowledge sharing. 

 

× Chat Admin