Komponen big data
Posted on

The Five V Komponen Big Data Paling Penting

Komponen Big Data The Five V – Dalam dunia bisnis data merupakan hal yang sangat krusial. Seiring dengan pesatnya perkembangan zaman di bidang teknologi digital, lonjakan data semakin meningkat sehingga memunculkan istilah big data. Big data sangat berperan penting dalam meningkatkan produktivitas bisnis. Misalnya untuk meningkatkan pelayanan produk maupun jasa, untuk membuat promosi yang sesuai dengan kebutuhan target pasar dan lain – lain. Big data mempunyai komponen – komponen yang wajib untuk diketahui. Berikut “The Five V” komponen Big Data.

 

Apa itu 5 Komponen Big Data “The Five V” Berikut Penjelasannya

 

Berbicara mengenai big data, hal ini berkaitan dengan lima komponen big data “The Five V” yang perlu untuk diketahui. 

  • Volume

Komponen yang pertama merupakan komponen dasar dari big data yaitu volume. Suatu data dapat dikatakan menjadi big data jika volume-nya besar dan terus meningkat secara pesat. Jika diibaratkan sebuah piramida, komponen volume terletak di paling bawah atau di paling dasar. Big data tidak bisa diolah secara manual dikarenakan besarnya volume dan lonjakan aktivitas yang terus meningkat. 

  • Velocity

Velocity merupakan kecepatan. Sebuah perusahaan yang menggunakan big data akan memperoleh berbagai data baik itu dari smartphone, media sosial, web dan sebagainya. Teknologi big data dapat membantu untuk menganalisis dan mengolah data secara real time data yang diperoleh dari tools tersebut. 

  • Variety

“V” yang selanjutnya adalah Variety yaitu variasi data. Data memiliki berbagai variasi tipe, misalnya dari yang terstruktur, semi terstruktur hingga hingga tidak terstruktur. Semua tipe data yang diperoleh diolah menjadi data yang terstruktur dengan big data. Jika dahulu data diperoleh dengan menggunakan spreadsheet sekarang data dapat diperoleh dari berbagai sumber secara acak seperti email, dokumen, PDF, forum dan masih banyak lagi. 

  • Veracity

Keakuratan atau keaslian data yang didapat merupakan komponen penting dalam big data. Banyaknya tipe data yang masuk membuat data menjadi berkurang keakuratannya. Hal ini membuat proses verifikasi data menjadi sulit. Oleh karena itu teknologi big data akan membantu untuk menganalisis data agar lebih akurat.

  • Value

Terakhir, komponen dari big data adalah Value. Keempat komponen tersebut akan menghasilkan value atau nilai. Suatu perusahaan harus mampu menarik value yang unik untuk meningkatkan produktivitas bisnis yang efisien dan efektif.

Pahami Mengenai Big Data Lebih Lanjut

Kesimpulan singkat dari komponen big data adalah pengolahan data structured, semi-structured, dan unstructured yang berhasil dikumpulkan menjadi data yang terstruktur. Mengingat sekarang adalah era yang serba akan teknologi digital maka penggunaan big data dalam sebuah organisasi atau perusahaan besar kiranya sangat diperlukan Dan tentunya perlu di oprasikan oleh SDM yang sudah bersrtifikat minimal sertifikat digital. Hal tersebut sejalan dengan banyaknya manfaat yang bisa didapat ketika menggunakan big data.  Salah satunya meningkatkan omset penjualan perusahaan. 

× Chat Admin